Inilah pusat belanja batik di Jogja yang recommended

Siapa yang tak tahu jika di Yogyakarta banyak pusat belanja batik yang recommended. Jika berbicara tentang oleh-oleh khas Yogyakarta, pastinya kalian akan langsung memikirkan batik. Batik merupakan satu hal yang tak boleh kalian lewatkan jika berkunjung ke kota pelajar. Yogyakarta dan batik seolah tak terpisahkan. Sudah menyatu.

Jadi, rasanya kurang lengkap jika ke kota ini tanpa membawa pulang batik sebagai oleh-oleh atau sekedar koleksi pribadi. Apalagi, sekarang batik tidak hanya berupa kain saja, tapi sudah disulap menjadi baju, celana, rok, dress, tas dan pernak-pernik lain yang memang cocok dibawa pulang. Nah, di mana saja kalian bisa berbelanja batik? Inilah bebarapa pusat belanja batik di Yogyakarta yang wajib kalian datangi.

1. Pasar Beringharjo

pusat belanja batik

Pasar Beringharjo adalah salah satu pusat belanja batik di Yogyakarta yang namanya sudah taka sing lagi dikalangan wisatawan. Pasar yang telah lama berdiri—sejak tahun 1758—ini memang berkonsep  pasar seperti pada umumnya. Tak hanya batik, kalian bisa menemukan varian kuliner, jamu, sembako, peralatan rumah tangga dan sejenisnya.

Di pasar yang masih terletak di kawasan Malioboro ini, kalian bisa mendapati batik yang dijual dari berbagai bentuk dan jenis. Tak hanya sekedar kain batik aneka motif dan warna, kalian pun bisa memilih banyak produk batik berbentuk baju, celana, dress, tas, aksesoris, atau suvenir yang pastinya menggoda jiwa belanja kalian. Di pusat belanja batik ini, kalian tak hanya akan menemukan batik khas Yogyakarta saja lho, tapi batik dari berbagai daerah seperti Pekalongan dan Solo.

Harga di Pasar Beringharjo pun cukup terjangkau, bahkan terbilang cukup murah. Apalagi, jika kalian pintar menawar, kalian akan mendapatkan harga yang sangat miring. Dengan begitu, kemungkinan kalian memborong oleh-oleh batik dari sini bisa semakin besar, tanpa menguras isi dompet. Jadi, siap berbelanja batik di sini?

2. Malioboro

pusat belanja batik malioboro

Salah satu pusat belanja batik di Yogyakarta yang bisa kalian sambangi adalah Malioboro. Nah, siapa sih yang tidak kenal Malioboro? Satu pusat perbelanjaan yang menjadi ikon dari kota gudeg. Jadi, jika mau mencari oleh-oleh batik sambil menikmati keramaian pusat Yogyakarta, kalian wajib datang ke sini.

Di sepanjang Jalan Malioboro, kalian bisa menemukan jajaran toko atau juga pedagang asongan yang menjajakan berbagai produk batik, mulai dari kain, pakaian jadi, maupun berbagai aksesoris. Jika kalian pandai menawar, cobalah untuk meraih hati para pedagang di emperan ruas jalan ini dan mungkin kalian akan membawa pulang varian produk batik dengan harga yang sangat murah. Akan tetapi, jika kalian tidak bisa menawar, tidak ada salahnya menyatroni gerai-gerai batik yang ada. Kalian akan menemukan berbagai outlet dengan merek batik terkenal  di sini. Tentu saja, kalian hanya tinggal pilih mau yang mana.

3. Mirota Batik

Masih di sekitar Malioboro, ada sebuah toko yang wajib kalian datangi jika kalian ingin mencari oleh-oleh khas Yogyakarta. Mirota Batik namanya, yang juga merupakan salah satu pusat belanja batik di Yogyakarta. Dibuka sekitar tahun 1980, toko besar ini menawarkan berbagai produk batik yang bisa kalian bawa pulang sebagai koleksi atau buah tangan.

Tak hanya mendapati aneka produk batik seperti kain, dress, baju, celana dan aksesoris lain, kalian pun bisa mendapati barang-barang lain dijual di sini, seperti jamu dan sebagainya. Pokoknya Mirota Batik menawarkan berbagai benda unik khas Jogja yang cocok untuk dibawa pulang. Oh ya, pusat belanja batik yang satu ini juga menawarkan batik dari luar Yogyakarta. Berbagai pilihan warna, corak batik pun akan membuat kalian pusing untuk memilih. Harganya pun cukup terjangkau, meskipun kalian tak akan bisa menawar di sini. Mirota Batik sangat cocok bagi kalian yang tidak bisa menawar.

Mirota Batik adalah sebuah toko dengan budaya Jawa yang kental karena menjual batik dan berbagai kerajinan khas Jawa lainnya. Selain itu, konsep tempatnya pun dibuat sangat kental dengan tradisi. Aroma terapi, bunga setaman dan dupa akan menyeruak memenuhi indra penciuman kalian dan membuat rileks. Ditambah, alunan musik Jawa yang sangat menenangkan hati. Belum lagi, para pelayan di toko ini mengenakan pakaian Jawa lho. Benar-benar unik. Pokoknya, jika ingin berbelanja batik dengan suasana beda, kalian wajib datang ke sini.

4. Kampung Batik Ngasem

kampung batik ngasem yogyakarta

Jika ingin mengunjungi pusat belanja batik di Yogyakarta, datanglah ke Pasar Ngasem. Di sini, kalian akan menemukan sebuah perkampungan yang disebut Kampung Batik Ngasem. Letaknya masih dekat dengan Malioboro, lebih tepatnya di sebelah barat Kraton Yogyakarta. Wilayah kampung ini masih termasuk njeron beteng—dalam benteng kraton—.

Warga di kampung ini menjadikan batik tulis sebagai satu kesenian tradisional yang digeluti. Mereka mengerjakan batik tulis kemudian menjualnya di rumah-rumah yang disulap menjadi kios. Kalau ingin batik tulis khas Yogyakarta, kalian wajib pergi ke pusat belanja batik yang satu ini. Namun, kalian pun bisa menemukan aneka produk batik cap di kios-kios yang ada di Kampung Batik Ngasem. Ragam produk batik meliputi kain, pakaian jadi, 

taplak, sarung bantal, atau sekedar pernak-pernik dengan varian ukuran dan corak batik—klasik atau modern—bisa dibeli di sini. Nah, kalian pun bisa menawar barang-barang yang menarik perhatian kalian sehingga jadi lebih murah lho.

Uniknya, di Kampung Batik Ngasem, tak hanya bisa membeli batik tulis, kalian pun bisa melihat proses pembuatan batik lho, entah sekedar membuat pola, memberi warna dan sebagainya. Jadi, tertarik bertandang ke sini?

 5. Desa Wisata Krebet

Desa Wisata Krebet Yogyakarta

Nah, jika kalian ingin produk batik yang berbeda, kalian wajib mengunjungi Desa Wisata Krebet. Pusat belanja batik ini terletak di Krebet, Sendangsari, Pajangan, Bantul. Tak seperti batik yang umumnya ditorehkan pada media kain, di sini media kayulah yang digunakan untuk membuat kerajinan tradisional yang lekat dengan budaya Jawa ini.

Sebagai sentra kerajinan kayu batik, Desa Wisata Krebet menawarkan berbagai produk batik unik dan menarik berupa aksesoris, sandal, topeng, patung, wayang, kotak perhiasan dengan batik berbagai motif. Kayu yang biasa digunakan para pengrajin adalah kayu sengon, pule, mahoni atau jati. Kerajinan batik di atas kayu ini bervariasi dan sangat apik lho, bahkan sampai merambah pasar internasional.

Oh ya, harga yang dari kerajinan batik kayu Desa Wisata Krebet cukup terjangkau lho. Bahkan, yang lebih menarik, kalian bisa melihat bagaimana para pengrajin mengerjakan berbagai produk batiknya. Selain membawa pulang kerajinan batik unik, juga mendapat ilmu. Jadi, tunggu apa lagi? Kapan ke Krebet?

6. Sentra Kerajinan Batik Giriloyo

Sentra Kerajinan Batik Giriloyo

Lokasi yang bisa kalian jadikan destinasi pusat belanja batik di Yogyakarta selanjutnya adalah Sentra Kerajinan Batik Giriloyo yang terletak di Wukir Sari, Giriloyo, Imogiri, Bantul. Desa ini adalah sentra produksi kerajinan batik tulis. Jadi, jika kalian penggemar berat batik tulis, tempat ini tak boleh kalian lewatkan.

Di Sentra Kerajinan Batik Giriloyo, kalian akan mendapati berbagai produk kerajinan batik tulis seperti kain, pakaian jadi, sapu tangan, sarung, dan berbagai suvenir dengan harga terjangkau. Bahkan, jika tertarik, kalian pun bisa belajar membatik dari para pengrajin di sini secara manual. Menarik bukan?

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *